Rabu, 24 Juni 2015

Pamekasan,My Love Story

Kabupaten Pamekasan adalah sebuah kabupaten di Pulau MaduraProvinsi Jawa TimurIndonesia. Ibukotanya adalahPamekasan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Madura di selatan, Kabupaten Sampang di barat, dan Kabupaten Sumenep di timur.
Kabupaten Pamekasan terdiri atas 13 kecamatan, yang dibagi lagi atas 178 desa dan 11 kelurahan. Pusat pemerintahannya ada di Kecamatan Pamekasan.Kemunculan sejarah pemerintahan lokal Pamekasan, diperkirakan baru diketahui sejak pertengahan abad ke-15 berdasarkan sumber sejarah tentang lahirnya mitos atau legenda Aryo Menak Sunoyo yang mulai merintis pemerintahan lokal di daerah Proppo atau Parupuk. Jauh sebelum munculnya legenda ini, keberadaan Pamekasan tidak banyak dibicarakan. Diperkirakan, Pamekasan merupakan bagian dari pemerintahan Madura di Sumenep yang telah berdiri sejak pengangkatan Arya Wiraraja pada tanggal 13 Oktober 1268 oleh raja Kertanegara.
sumber


Pamekasan memiliki bebrapa budaya yang tidak dimiliki oleh kabupaten lain di pulau madura sepertikesenian sapi sonok
sapi sonok madura
Madura bagi sebagian masyarakat luas sangat identik dengan karapan sapi, yang  sudah menjadi simbol budaya setempat sejak ratusan tahun silam, akan tetapi ternyata Madura juga memiliki aset budaya “Sapi Sonok” yakni dua sapi betina yang dihiasi dan dipercantik sedemikian rupa untuk dilombakan.
Sapi Sonok sendiri merupakan jenis karapan sapi juga, akan tetapi untuk sapi berjenis kelamin betina dan yang dilombakan adalah keindahan sapi saat berjalan dan berpakaian. “Kontes Sapi Sonok tersebut diadakan sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan tradisi Sapi Sonok ke masyarakat luas, umumnya masyarakat di luar pulau Madura,” terang salah seorang pemilik sekaligus penggemar Sapi Sonok asal Pamekasan Madura, H. Haryanto.
Sapi sonok pertama kali dicetuskan oleh warga Batu Kerbui pesisir utara Pamekasan. Dalam sejarahnya setiap kali selesai bekerja membajak ladang, para petani biasanya memandikan sapinya itu. Setelah dimandikan maka sepasang sapi itu didiamkan ke satu tiang “tancek”. Kebiasaan itu juga dilakukan oleh petani lain dalam satu petak tanah tegal, sehingga tampak ramai.sumber : https://jawatimuran.wordpress.com/2012/06/16/sapi-sonok-aset-wisata-madura/
Selain itu ada jajanan khaspamekasan seperti rujak coreg dan kerupuk tangguk
rujak coreg
kerupuk tangguk
kedua makanan tersebut biasa disantap saat waktu-waktu senggang seperti bercanda bersama teman dan sebagainya.
yah mungkin itu sedikit tentang daerah asalku. jika ada salah mohon dimaklumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar